Teman2..
Melanjutkan mengenai uraian beberapa type orangtua, yaitu giliran orangtua type ke dua..
Orangtua jenis ini, istilah teknisnya disebut sebagai orangtua permisif. Arti kata permisif menurut KBBI adalah serba membolehkan atau suka mengijinkan. Tapi pada kenyataannya malah lebih dahsyat dari cuma serba mengijinkan. Sering terjadi orangtua jenis ini bahkan tidak konsisten dengan ucapan dan atau keputusannya. Jadi kadang suatu saat ketika anaknya minta atau ijin sesuatu, mungkin orangtua memberikan jawaban tidak. Tapi ketika diketahui bahwa si anak justru telah melakukan hal yang tidak mendapat ijinnya, orangtua membiarkan pelanggaran itu tanpa adanya teguran atau sanksi.

Contoh:
Anak minta ijin mau bermain sepeda bersama teman2nya. Awalnya orangtua melarang karena anak harus belajar dulu dan setelah itu baru boleh bermain. Tapi dasar anaknya memang bandel. Biar dilarang tapi tetap saja dia bermain sepeda. Ketika anak ketahuan telah mengabaikan larangannya, orangtua tidak menegur atau memberikan sanksi pada anaknya atas pelanggaran yang dilakukannya. Hal ini secara tidak disadari, telah mengaburkan otoritas orangtua terhadap anaknya. Karena hal ini sering terulang maka sebagai akibatnya, apapun yang dikatakan oleh orangtua akan selalu diabaikan oleh anaknya.

Pesan saya buat para orangtua:
Jadilah orangtua yang mempunyai otoritas buat anak2 anda dengan selalu konsisten dengan ucapan atau keputusan anda. Hati2 dengan perintah dan larangan yang anda buat. Hal itu harus benar2 dilaksanakan. Dan hindari membuat sanksi (ancaman) yang sebenarnya tidak patut untuk dilaksanakan. Misalnya anda mengatakan pada anak anda:
1.Daripada kamu terus bikin ulah, sebaiknya kamu minggat saja..
2.Kalau kamu terus mengganggu adikmu, kamu bakal ibu pukul sampai pingsan..
3.Dan masih banyak lagi ancaman2 yang tidak mungkin untuk dilakukan..

Selain dari pada itu, memberikan perintah maupun larangan pada anak sebaiknya diberi penjelasan, kenapa harus dilakukan dan kenapa tidak boleh dilakukan. Kemudian sebagai orangtua kita juga harus konsekuen. Hindari hal yang mana anda melarang anak tapi justru malah anda melakukannya. Jadilah orangtua yang bijak serta disegani oleh anak2 anda.

Salam hangat
Founder Program HS Slim Herbal

Mutiara Kehidupan 29/11/19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *