Assalamu alaikuk warahmatullahi wabarakatuh
Selamat meh siang teman2..

Teman2 semua..
Mungkin anda pernah mendengar keluahan seseorang bahwa dirinya terlalu mudah gemuk. Padahal dia sudah melakukan diet lebih disiplin jika dibandingkan dengan temannya yang lebih berani melanggar ketentuan diet. Kenapa hal ini bisa terjadi..?

Logikanya seperti ini, teman2..
Makanan sehari-hari yang kita makan akan diurai/dicerna oleh organ pencernaan. Hasil dari penguraian ini akan dikelompokkan menjadi 3 kelompok besar yang disebut makronutrien, yaitu karbohidrat, protein dan lemak. Kemudian 3 kelompok besar makanan ini akan diubah menjadi energi untuk memenuhi kebutuhan kelangsungan hidup. Proses pengubahan makronutrien menjadi energi ini disebut metabolisme.

Sebelum melanjutkan bahasan ini, mari kita melenceng sedikit mengenai massa otot yang nantinya akan berguna sebagai bahan pendukung.
Massa otot seperti yang sering saya katakan, adalah kebugaran atot. Otot menjadi bugar atau besar karena dilatih dan atau dipakai untuk melakukan aktivitas fisik tertentu. Jadi ada orang yang ototnya besar tapi juga ada orang yang ototnya kecil. Karena tidak semua orang melakukan latihan fisik dan atau melakukan aktivitas yang mengandalkan tenaga fisik.

Mengingat otot dibentuk oleh serat dan protein, maka seperti yang udah sering kita dengar bahwa makan makanan yang mengandung serat sangat disarankan. Demikian pula dengan protein. Tapi banyak orang yang telah menyalah-artikan anjuran itu. Banyak diantara kita karena menganggap protein itu begitu penting, maka cara mengonsumsinya berlebihan. Padahal, biar sepenting apapun peran protein buat kesehatan tapi tetap saja ada batasannya cara mengonsumsinya.

Sekarang, apa hubungannya antara kegemukan dengan otot..?

Otot yang bugar (besar) karena terlatih pasti mempunyai massa otot yang baik. Mengingat massa otot juga ikut berperan dalam proses metabolisme maka program HS mewajibkan para konsumennya untuk melakukan senam dan jalan. Tujuannya bukan hanya untuk membakar lemak dan kelebihan kalori saja, tapi juga untuk meningkatkan massa otot. Karena, jika seseorang massa ototnya besar maka dia akan mampu membakar glukosa dengan cepat. Jadi tidak terjadi kelebihan glukosa, kemudian disimpan dalam tubuh dengan di ubah dulu menjadi lemak terlebih dahulu. Kerugian lain jika metabolismenya lambat adalah dia akan gampang lelah dan tenaganya loyo.

Seperti inilah teman2, penjelasan pentingnya berolah-raga di program HS..

Mudah Gemuk Padahal Sudah Diet? Simak ulasan berikut….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *