Tahukah anda bahwa program HS merupakan program hidup sehat..?

Coba anda simak uraian dibawah ini..

Setiap hari tubuh manusia membutuhkan asupan nutrisi, vitamin, mineral dan serat yang akan diubah menjadi energi untuk beraktivitas serta kelangsungan hidup. Asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh ini, sumbernya beragam. Bisa dari kabohidrat, protein dan lemak. Semua kebutuhan ini akan terpenuhi melalui hasil dari makanan yang kita makan. Berikut adalah fungsi dari masing-masing nutrisi:

Karbohidrat.

Karbohidrat merupakan sumber energi alami bagi manusia. Memang betul kelebihan karbohidrat beresiko naiknya gula darah dan berat badan. Karena saat terjadi kelebihan energi, dia akan disimpan dalam tubuh setelah diubah menjadi lemak dan glikogen. Tapi tahukah anda bahwa karbohidrat mempunyai manfaat yang jarang dibahas oleh banyak orang..?

Misalnya:

  • Glikogen membantu menjaga kebugaran (massa) otot saat kita kekurangan glukosa.
  • Karbohidrat meningkatkan kesehatan pencernaan. Baca penjelasan mengenai serat termasuk golongan glukosa
  • Karbohidrat (bentuk serat) justru mampu mengelola diabetes dan kesehatan jantung
  • Karbohidrat (bentuk serat) mengendalikan berat badan

Protein

Protein merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh manusia. Fungsi protein diantaranya:

  • Untuk pertumbuhan
  • Menggantikan sel-sel yang rusak atau mati
  • Sebagai pembentuk hormon, enzim dan antibody
  • Aktivitas otot
  • Menjaga massa otot

Walau protein merupakan nutrisi penting buat tubuh kita tapi tetap akan merugikan kalau dikonsumsi secara berlebihan. Porsi yang baik untuk mengonsumsi protein adalah 1 gram x berat badan ideal untuk pria dan 0,8 gram x berat badan ideal untuk wanita. Untuk ibu hamil atau menyusui porsinya beda lagi.

Lemak

Dalam jumlah tertentu lemak sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Selain mempunyai kalori yang tinggi (1 gram lemak kalorinya 9 kkal) lemak juga membantu penyerapan Vitamin A, D, E, dan K. Dan lemak juga berperan sebagai pembetuk hormon di dalam tubuh.

Memang kelebihan lemak akan beresiko dengan:

  • Kanker
  • Obesitas
  • Kerusakan dinding arteri dan otak akibat terjadinya plak
  • Kolesterol tinggi
  • Darah tinggi dan
  • Penyakit jantung

Lemak yang dikonsumsi sebaiknya yang mengandung omega 3 dan minyak nabati.

Vitamin
Vitamin sangat penting untuk metabolisme dan merawat sel tubuh. Celakanya justru banyak diantara kita sering kekurangan vitamin. Hal ini terjadi karena selera makan kita seringnya hanya pada jenis makanan tertentu. Disamping itu juga terjadi karena cara masak yang umumnya memakai suhu tinggi. Vitamin C & B kompleks sangatlah rentan terhadap suhu sehingga seringkali rusak ketika dimasak dalam suhu tinggi. Padahal vitamin C & B kompleks harus dikonsumsi setiap hari karena kelebihannya tidak dapat disimpan dalam tubuh dan selalu dikeluarkan melalui urin.

Kekurangan vitamin bisa menyebabkan penyakit mata, anemia, hipertensi, penyakit ginjal, penuaan dini, kanker, batuk pilek, osteoporosis.

Mineral
Mineral merupakan unsur penting untuk proses dalam sel tubuh kita, mulai dari rambut, kulit, tulang hingga sel darah membutuhkan mineral dalam kesehariannya.

Mineral juga meningkatkan fungsi saraf dan membantu mengubah makanan menjadi energi.

Kekurangan mineral dapat menyebabkan banyak proses metabolisme tubuh terganggu dan timbul masalah kesehatan seperti osteoporosis, anemia, mudah lelah, kulit kering, rambut rontok hingga masalah keseimbangan hormonal.
Mineral dibedakan menjadi dua, yaitu yang kebutuhannya besar dan yang kebutuhannya kecil.
Mineral yang kebutuhannya agak besar adalah kalsium, kalium, fosfor, sulfur, dan magnesium.
Sedangkan mineral yang kebutuhannya kecil diantaranya adalah zink, besi, mangan, tembaga, boron, silikon, timbal, vanadium, kromium, selenium, dan iodin.
Mineral banyak didapatkan dari tanaman yang tumbuh dalam tanah seperti jahe, kunyit, wortel, buah bit, kacang-kacangan, kacang mede, dan juga sayuran berwarna hijau gelap seperti kale.

Serat

Tahukah anda, bahwa serat termasuk golongan Karbohidrat..?
Begini..
Serat tumbuhan atau disebut juga dengan Serat Makanan (dietary fiber) adalah karbohidrat kompleks yang tidak dipecah oleh tubuh. Tidak seperti protein, lemak, atau karbohidrat biasa yang dapat diserap dan dipecah oleh organ tubuh. Serat hanya akan melalui organ pencernaan setelah Anda makan, lalu dikeluarkan kembali melalui anus. Fungsi dari serat adalah untuk membantu menjaga fungsi sistem pencernaan lebih baik. Serat berguna untuk membantu penyerapan nutrisi di usus, menjaga aktifitas usus tetap optimal, mengendalikan imunitas dan keseimbangan bakteri usus dan melindungi sel-sel tubuh sehingga mencegah konstipasi, ambeien, penyakit hati dan kanker usus besar.

Serat banyak terdapat pada sayuran hijau seperti Bayam, Kale, Parsley, Seledri dll. Serat juga terdapat pada makanan tinggi karbohidrat dan protein seperti gandum, sorghum, kedelai, buncis dan tempe.

Teman2..
Mengingat 65% tubuh kita terbuat dari air, maka selain butuh nutrisi dkk kita juga butuh air. Apalagi kandungan air dalam tubuh setiap saat bisa berkurang lewat keringat, dan urin.
Maka sangat penting untuk mengisi ulang kadar air dalam tubuh kita dengan minum air atau makan sayur buah yang memiliki kandungan air tinggi seperti mentimun, semangka, dan jeruk.
Kekurangan air bisa menyebabkan gangguan dan kerusakan pada banyak sel dan organ seperti otak, mata, darah, dan saluran pencernaan.
Gejala akibat kurang air adalah konsentrasi yang lemah, moody, mata kering, darah kental, konstipasi, air kencing yang kuning, sakit batu ginjal. Tapi berlebihan air juga tidak sehat.

Sesuai dengan pernyataan kami diatas bahwa program HS adalah program untuk hidup sehat. Karena itu kami tidak pernah melarang konsumen makan makanan apapun kecuali mereka mempunyai masalah kesehatan tertentu. Masalah kesehatan yang terjadi kemungkinan besarnya terjadi karena konsumen sebelum ikut program HS lebih dominan dengan makanan tertentu. Karena itu waktu ikut program kami membatasi nutrisi yang sudah kelebihan.

Salam hangat dari founder program HS Slim Herbal

Hidup Sehat Dengan Program HS Slim Herbal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *